Minggu, 09 Oktober 2016

RUMAH BACA AL HIDAYAH



Setiap individu kiranya setuju bahwa ilmu pengetahuan merupakan komponen terpenting dalam upaya membangun kehidupan masyarakat yang berwawasan dan bermoral. Ilmu pengetahuan menjadi sarana utama dalam membangun sebuah peradaban baru yang lebih baik. Karena perkembangan ilmu pengetahuan bersifat dinamis, maka wajib bagi setiap umat manusia untuk mengikuti setiap perkembangannya agar pola pikir mereka senantiasa selaras dengan perkembangan peradaban itu sendiri. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dari berbagai media diantaranya televisi, radio, koran, majalah dan tentu saja buku. Pencarian informasi dari hari ke hari terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pesatnya laju pembangunan. Pencarian tersebut akan semakin meningkat jika dibarengi dengan peningkatan aktifitas dan pengetahuan masyarakat. Pada tahap inilah informasi mencapai titik yang sangat penting. Masyarakat akan berusaha cukup keras untuk mendapatkan informasi dalam menunjang aktivitas atau pekerjaan masing-masing.
Mudahnya memperoleh ilmu pengetahuan maupun informasi dewasa ini tidak serta merta berdampak positif bagi umat manusia, bahkan jika kita tidak mampu menyikapinya secara bijak, ia malah berpotensi merusak peradaban itu sendiri. Pemerolehan pengetahuan ataupun informasi yang tidak baik dan benar memberikan dampak negatif terhadap kondisi moralitas umat saat ini khususnya generasi muda. Rapuhnya moralitas umat merupakan masalah yang harus segera dipikirkan dan diselesaikan. Masalah minimnya pendidikan agama dikalangan masyarakat khususnya generasi muda Islam salah satu sebab kedangkalan berfikir dan berperilaku jauh dari nilai-nilai Islam. Maka pendidikan atau tarbiyah adalah satu satunya obat penawar terhadap penyakit kebodohan yang menghinggapi umat Islam saat ini.
Ketika Ruhiyah kita dibina maka sangat tidak mungkin tanpa membina aqliyah (akal) kita. Keimanan seorang Muslim akan meningkat seiring dengan meningkatnya ilmu syar’i. Dan ilmu dapat diperoleh salah satunya dengan metode membaca (Iqra). Sebagaimana Allah Ta’aala perintahkan pertama kali kepada Rasul kita Muhammad Shalallahu’alaihi wasalam.
Dalam rangka menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat maka kebutuhan akan hadirnya perpustakaan dirasakan sangat besar. Perpustakaan merupakan sarana yang paling penting dalam dunia pendidikan, sama halnya dengan apotik dalam dunia pengobatan.
oleh karena itu atas dasar pemikiran diatas, kiranya para pembaca memiliki keinginan untuk mendonasikan beberapa buku yang dimiliki, maka kami senantiasa bersedia menerima sedikit maupun banyak buku yang ada sangat bermanfaat bagi Rumah Baca yang sedang kami rintih dari awal ini.
terimakasih kepada teman-teman yang terlibat dalam mendirikan Rumah Baca ini, semoga Allah membalas semua kebaikan dengan hal yang lebih baik pula.

info lebih lanjut : mahardiniegidya@yahoo.com / ID Line: Egiiidya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar